26 April 2012

Cara Edit Menu Grub Linux Mint

Grub adalah singkatan dari Grand Unified Boot Loader yang merupakan bootloader yang digunakan pada Linux Mint. Berikut cara edit menu Grub pada Linux Mint berhubung saya biasa lupa makanya ditulis disini (haha) tapi siapa tau juga ada yang butuh (code_okok) :

Buka terminal kemudian login sebagai Super User
$ sudo su


Rubah permission pada folder grub dimana tempat file grub.cfg itu berada
# chmod 777 -R /boot/grub/

Selanjutnya buka file grub.cfg
# gedit /boot/grub/grub.cfg
Setelah terbuka maka akan muncul window seperti dibawah ini

Merubah waktu yang digunakan saat pemilihan sistem operasi pada kata set timeout. disini saya set menjadi 20 supaya sedikit lebih lama tapi kalau mau lebih cepat set menjadi 5
set timeout=20
 Mengganti nama sistem operasi yang ada pada menu grub. Untuk sistem operasi Linux saya ganti dengan kata Pinguin sedangkan untuk sistem operasi Windows saya ganti dengan kata Jendela
'Pinguin'
'Jendela'
Apabila ada menu yang akan dihilangkan atau tidak ingin dimunculkan pada menu grub, cukup menambahkan tanda # diawal tulisan menu. Disini saya tidak akan menampilkan menu Memory test.
#menuentry "Memory test ........
Setelah semuanya sudah selesai, selanjutnya kita save file grub.cfg yang telah di edit kemudian close. Untuk melihat hasilnya silahkan restart komputernya (goodluck)

Semoga bermanfaat (worship)

No comments:

Post a Comment